Bagaimana cara mengatasi atap genteng korosi

Sebelum melakukan tindakan memperbaiki atap yang rusak, perlu kita ketahui penyebab penutup atap (genteng) rusak. Pada umumnya kerusakan disebabkan beberapa faktor, yaitu

1.Masalah usia pakai
Masalah ini erat kaitannya dengan material pembentuk genteng. Karena tidak memenuhi kriteria sebagai penutup atap yang baik, maka dalam kurun waktu tertentu genteng menjadi retak, remuk, keropos sehingga membuat celah pada atap, atau genteng mudah pecah bahkan pada saat pemasangan, karena terinjak oleh pelaksana pemasangan.

2.Kejatuhan benda juga dapat menyebabkan genteng rusak, apalagi bila material gentengnya ringkih, tidak kuat
Terkena guncangan atau tiupan angin kencang (kondisi alam).
Lumut yang muncul di genteng juga bisa memicu genteng mudah retak dan terjadi rembesan air.

Cara mengatasinya adalah dengan mencari sumber penyebab kerusakan. Bila kerusakan ringan dan hanya sebagian saja, tidak perlu dilakukan perbaikan seluruhnya, hanya pada bagian yang rusak saja, misalnya sebagian genteng pecah, dapat diganti dengan yang baru.

Yang harus diperhatikan jika sudah melakukan renovasi/perbaikan di atap rumah agar kesalahan yang sama tidak terulang lagi adalah Jangan lakukan perbaikan yang asal-asalan dan tidak tepat, akan menyebabkan kebocoran jangka panjang karena sifatnya temporer dan tidak menjadi solusi untuk masalah kebocoran.

Artikel List